Cara Mencegah Kanker Pada Wanita

Kanker Payudara

cara mencegah kanker payudara sejak diniMendengar kanker payudara kita menjadi takut, para dokter sering mengalami pasien yang datang belum apa-apa saja sudah menangis, sering wanita yang ada benjolan kecil saja menyangka bahwa dia akan mati besok, padahal tidak. Karena semua orang yang punya benjolan pada payudaranya 8 dari 10 benjolan itu jinak.

Di Amerika penyebab kematian wanita diatas umur 45 tahun adalah kanker payudara, tahun 2007 tercatat 178.000 kasus baru, 40.000 nya meninggal karena kanker payudara. Tahun 2006 212.920 kasus yang baru 40.600 meninggal karena kanker payudara. Sedangkan di Indonesia belum ada catatanya karena sulit sekali mencatat berdasarkan populatiosn base, karena harus bersamaan dengan sensus.

Tapi di Indonesia sendiri penyakit kanker payudara untuk wanita menjadi penyakit yang nomor 1 untuk kegananasannya. Nomor 2 adalah penyakit keganasan kanker leher rahim.

Apa Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara sebetulnya tidak satu, penyebabnya multi faktor. Yang sering disebutkan adalah faktor-faktor resiko. Yang mempertinggi seseorang akan bisa terkena kanker payudara, kalau usia makin meningkat faktor resiko makin tinggi, kenapa? Karena usianya makin panjang, ya kesempatan untuk terkena kanker payudara makin besar. Karena dia sudah mengalami hidup ini panjang, sehingga banyak sekali radikal bebas yang dia terima, kemudian juga hormon-hormon ditubuhnya sudah lama beredar sehingga dia mempunyai kesempatan yang lebih besar.

Nah dikatakan faktor resiko itu menjadi peningkat, kalau seorang wanita itu sebelumnya pernah ada benjolan dipayudara maka harus hati-hati, kalau ada benjolan lagi harus waspada apakah benjolan itu ganas atau tidak.

Kemudian kalau ada riwayat keluarga yang menderita kanker payudara, misalnya ibu nya. Keluarga disini maksudnya, ibu, saudara perempuan.

Kalau ibu, saudara perempuan, anak perempuan terkena penyakit kanker payudara waktu mereka belum manopause, dan kedua payudara kena resiko seseorang terkena penyakit kanker payudara menjadi 9x lipat katanya. Tapi kalau ibu, saudara perempuan, anak perempuan yang terkena kanker payudara nya hanya satu payudara yang terkena, maka resiko seseorang ikut terkena menjadi 3x lipat.

Dan kalau ibu, saudara perempuan, anak perempuan terkena kanker payudara setelah manopause, seseorang resikonya menjadi 2x lipat.

Masih mengenai faktor resiko kanker payudara, kalau misalnya di gen seseorang itu ada gen BRCA 1, BRCA 2, itu gen yang harus diperiksa dilaboratorium. Mengapa, karena penyakit kanker payudara itu termasuk penyakit genetis. Penyakit genetis itu harus dibedakan antara genetis familial dan enheriten. Kenapa, kalau semua kanker itu namanya penyakit genetis, karena kelainannya di gen. Kalau disebut familial, itu berarti ada beberapa anggota keluarga yang menderita penyakit yang sama. Familial dan genetis itu belum tentu diturunkan, tapi kalau disebut enheritens, maka itu diturunkan penyakitnya.

Faktor resikonya kalau ditubuh wanita itu ia mempunyai gen BRCA 1, BRCA 2, berarti dia resikonya lebih meningkat. Kemudian orang itu mentruasinya lebih awal dari umur 13 tahun, maka resikonya menigkat. Nah kalau anak Anda pada usia 13 tahun sudah mengalami mentruasi lebih awal itu perlu dikhawatirkan.

Mengapa Masih Muda Sekali Sudah Mentruasi

Karena sekarang ini banyak sekali makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi, fast food, sehingga seorang anak itu dari kecil dia bukan makan makanan yang sehat, pola hidupnya kurang baik dari kecil, maka dia mentruasinya cepat, karena hormonalnya cepet. Jadi mentruasi yang baik itu adalah diatas 13 tahun, tapi kalau dibawah 13 tahun menjadi faktor resiko yang meningkat.

Kemudian juga ada yang menopausenya lambat, sampai lebih di usia 52 tahun masih menopause, itu juga menjadi faktor resiko meningkat untuk terkena kanker payudara.

Nulifaritas itu artinya seseorang yang tidak melahirkan, resikonya untuk menderita kanker payudara lebih tinggi daripada seseorang yang pernah melahirkan. Tapi kalau melahirkan, kalau kehamilan pertamanya diatas usia 30 tahun untuk anak pertama, maka resikonya meningkat.

Obesitas
dari kecil sudah gemuk, itu faktor resiko menjadi meningkat terkena kanker payudara meningkat. Mengapa? Karena hormonalnya meningkat juga, dalam hal ini hormon estrogen ditubuhnya.

Diet
Faktor diet, diet ini juga perlu sekali diperhatikan. Diet, pola makan yang tidak seimbang, yang lebih banyak kearah lemak tinggi, itu merupakan faktor resiko yang meningkatkan untuk terkena kanker payudara.

Kita perlu melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara, jadi kalau sedikit saja ada kelainan pada payudara akan segera diketahui dan bisa diatasi.
Deteksi bisa kita lakukan sendiri, dengan memeriksa payudara sendiri mulai umur 20 tahun, pada waktu sudah mulai mentruasi.

Deteksi Dini

Cara memeriksa payudara sendiri :

  • Setiap wanita sebulan sekali sesudah mentruasi, perlu mengenali payudaranya sendiri. Caranya : melihat didepan cermin dengan membuka baju bagian atas, kemudian lihat, bagaimana bentuknya, asmiterisasinya, bagaimana puting susunya, supaya ibu-ibu dan para wanita mengenali payudaranya sendiri. Jadi kalau ada kelainan payudara, kita segera tahu, sejak kapan terjadinya perubahan tersebut. Misalnya, payudara kita tidak simetris dibandingkan bulan sebelumnya, terus ada benjolan (benjolan gak bisa dilihat, harus dipegang). Untuk memeriksa benjolan, kita bercemin, dengan mengangkat tangan, kemudian payudara kiri kita periksa pakai tangan kanan, dan sebaliknya payudara kanan kita periksa dengan tangan kiri. Kemudian secara sirkuler kita memeriksa seluruh bagian payudara, mulai dari tengah sampai ke bagian luar, sampai ke ketiak, lakukan secara rutin setiap bulan sehabis mentruasi, jadi kalau ada benjolan kita segera mengetahuinya.
  • Bisa kita kontrol secara rutin tiap 3 tahun ke dokter, untuk wanita umur 20, 30 tahun. atau 1 x setahun untuk wanita usia 40 tahunan.
  • Mamografi setahun sekali untuk wanita umur diatas 40 tahun. Karena usia wanita diatas 40 tahun fungsi payudara nya sudah menurun. fungsi utama payudara adalah untuk memberi ASI, diatas 40 tahun air susu ibu sudah tidak dihasilkan lagi, sehingga payudara itu isinya mulai berubah, tadinya isinya adalah saluran-saluran yang dilindungi oleh penyekat-penyekat yang kuat itu fungsinya untuk menampung air susu yang dihasilkan oleh payudara. Tapi setelah umur 40 tahun, karena sudah tidak diperlukan lagi saluran itu mulai mengecil dan jaringan-jaringan pengikat mulai melemah. Sehingga payudaranya menjadi lebih lunak dari sebelumnya. Nah pada waktu ini kalau diperiksa mamografi kelihatan sekali kalau ada yang namanya mikroklasifikasi atau pengapuran yang kecil.

Ada beberpa terapi kanker payudara, selain pembedahan selalu disertai dengan khemoterapi, radio terapi atau terapi hormonal atau terapi sel target. Pasti 2 atau 3 terapi yang dilakukan bersama-sama, jadi jarang sekali monoterapi. Makin dini penyakit kanker payudara ini ditemukan maka kemungkinan sembuhnya juga makin tinggi.

Peran anti oksidan

Peran anti oksidan untuk pencegahan kanker, kanker selalu bisa dicegah. Kalau sudah sakit berarti kelainannya kelainan gen, sehingga sudah terjadi mutasi sulit sekali untuk diberikan hal-hal seperti ini. JAdi hal untuk mencegah anti oksidan, tapi bukan untuk mengobati kanker payudara.

Peran anti oksidan untuk kanker payudara

Tahun 2003 ada penelitian dari University Of Nort Caroline, mengatakan bahwa Vitamin E dan Vitamin C yang dikonsumsi lebih dari 3 tahun akan memberikan efek proteksi terhadap kanker payudara.

Efek proteksi maksudnya, jadi sel nya itu terlindungi dari mutasi, itu yang paling baik untuk pencegahan. Kalau sel kanker sudah mutasi sulit sekali untuk dikembalikan ke hal yang semula.

Ada penelitian lagi dari University Of Misissipi Math Centre mengatakan bahwa anti oksidan pada Green Tea bekerja melawan kanker payudara, dengan menekan pertumbuhan pembuluh darah baru dan akan memperlambat migrasi sel kanker.

Jadi konsumsi produk yang mengandung green tea itu baik sekali untuk mencegah kanker payudara.

Adalagi penelitian yang mengatakan anti oksidan mikronutrient dalam sayuran dan buah-buahan diteliti ternyata menjadi agen protektor untuk timbulnya kanker payudara.

Jadi diet-diet seperti ini yang perlu kita lakukan dan juga perlu kita berikan pada anak wanita kita dari kecil. Walaupun faktor resiko bagi orang tersebut tinggi 2, 3, 4, 5, kali lipat belum tentu dia menderita kanker payudara. Jadi mengapa tidak kita lindungi diri kita dan anak-anak wanita kita dengan proteksi-proteksi seperti ini.

Kanker Serviks

cara mencegah kanker serviksServik adalah leher lahir rahim, jadi leher rahim itu batas antara vagina dan rahim ada yang sebut dengan mulut rahim. Dimulut rahim itu ada pintu disebut dengan leher rahim.

Serviks ini kanker no. 2 terbanyak diderita wanita di Indonesia. Kanker serviks ini disebabkan oleh virus namanya HPV ( Human Papiloma Virus ). Sebetulnya HPV ada banyak jenis dan tidak semua menyebabkan kanker serviks.
Ada yang menyebabkan timbulnya semacam kutil tapi bukan kanker.

HPV ditularkan hanya melalui koitus, kaoitus itu hubungan badani antara suami dan istri. Atau hubungan badani anatara wanita dan pria. Beberpa tes yang bisa kita lakukan untuk melihat leher rahim apakah ada HPV atau tidak. Tes dapat mendeteksi perubahan pada sel serviks sebelum sel tersebut menjadi ganas.

Nah, kalau kita melakukan pulpsmir biasanya kita para wanita perlu dilakukan mulai umur 20, 30 tahun sudah mulai bisa kita lakukan tes. 1 tahun sekali saja lakukan pulptes. Kalau sudah diatas 40 tahun 1 tahun 2 kali lakukan tes. Pulptes itu akan memberikan hasil, apakah didalam serviks kita ada HPV. Tapi tidak usah khawatir dulu kalau hasil pulptes positif ada HPV, karena banyak sekali jenis HPV. Kalau sudah Cin 3, itu dekat sekali untuk menjadi kanker. Tapi kalau masih cin 1, Cin 2, gak ada yang tahu pasti itu akan menjadi kanker atau tidak.

Tanda-tanda Kanker Leher Rahim

Tanda-tanda awal bisa berupa pendarahan diluar menstruasi, periksakan diri ke dokter.
Pendarahan waktu atau setelah poitus, nyeri pada waktu poitus kita harus waspada, tapi bukan berarti ada kankernya, tapi harus waspada saja.

Bagaimana cara Mencegah Kanker Serviks

  1. Pulpstes
  2. Vaksin ( Gardasil Vaksin), ini memberikan proteksi terhadap virus HPV, tapi tidak semua. Hanya 4 virus HPV yang diproteksi. Ini dilakukan 3 suntukan dalam 6 bulan. Direkomendasikan untuk para wanita umur 11 – 12 tahun atau pada wanita umur 13 – 26 tahun yang dulunya belum dilakukan vaksinasi, agar terhindar dari inveksi HPV.
  3. Pencegahan yang lainnya berhenti merokok. Karena merokok bagi wanita mempercepat kanker serviks juga kanker payudara. Mengapa ? Karena dengan merokok, radikal bebas yang timbul dari rokok itu akan membuat mutasi dari salah satu gen sehingga mutasi untuk gen-gen lainnya lebih cepat lagi.

Kekurang vitamin B, asam folat ini akan dapat menimbulkan pra kanker, jadi dari awal kita harus cukup vitamin B dan Asam folat. Kalau itu bisa didapat dan dicukupi dari pola makanan anda, silahkan saja. Tapi jarang sekali bisa kita dapatkan dari makanan saat ini, asam folat dan vitamin B yang cukup.

Anti oksidan lain yang memberikan perlindungan terhadap pra kanker, beta carotin, likofen, santasaktin alfatokoprol.

Kanker Kulit

Kanker kulit memang bukan spesifik punya wanita, tapi wanita adalah orang yang sangat memperhatikan kulit. Penyebab utama kanker kulit itu adalah paparan sinar matahari. sinar matahari yang kuat , terutama sinar mataharinya adalah sinar ultra violet B. Tapi sinar ultra violet A juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Ada 2 kanker kulit :
– Melanoma
– Non Melanoma

Melanoma jarang sekali diderita oleh orang kulit berwarna, biasanya lebih banyak diderita oleh orang-orang berkulit putih atau kaukasian. Melanoma itu ada 4 tipe, non-melanoma ada 2 tipe:
1. Karsinoma Sel basal
2. Karsinoma sel skuamousa

Antara melanoma dan non-melanoma, lebih berat melanoma lebih banyak membawa kekematian. Kalau non-melanoma, kalau ditemukan dini jarang sekali metastasis ke tempat jauh, terutama karsinoma sel basal. Dan kanker kulit enaknya bisa dideteksi awal.

Cara mendekteksinya dengan regular self eksamination. Alatnya cermin yang besar, lampu yang terang, cermin yg lebih kecil yang bisa dipegang oleh tangan. Lihat kecermin dalam kondisi telanjang, bagian depan tubuh secara keseluruhan, bagian samping kiri dan kanan, bagian belakang dengan bantuan cermin keci. Telapak kaki, lipat paha, supaya kita tahu keseluruhan bagian tubuh secara menyeluruh. Kalau ada yang tidak wajar pada kulit anda akan ketahuan, Contohnya tahi lalat, kita tahu dimana saja tahi lalat yang ada ditubuh kita, bentuk, ukuran, lengkungan, warna, bentuk tanda lahir, bekas luka. Lakukan sebulan sekali agar kita tahu kalau terjadi perubahan pada tahi lalat kita dan segera tahu kalau ada keanehan pada kulit kita.

Gejala Kanker Kulit

Faktor resiko kanker kulit

Sinar matahari yang berbahaya bagi kulit, patokannya kalau Anda berdiri diluar dibawah sinar matahari, bayangan anda lebih pendek dari Anda itu sinar ultra violet nya tidak bagus untuk kulit Anda.
Kalau dibawah jam 10 pagi bagus untuk berjemur, dan perlu untuk berjemur, karena sinar matahari punya fungsi lain, karena sinar matahari itu membantu sintesa vitamin D didalam tubuh kita.

Titik hitam pada tubuh, makin putioh kulit seseorang biasanya makin banyak titik-titik hitam. Setiap ada titik hitam tersebut kita mesti sering lagi memperhatikan dicermin.

Warna kulit, makin gelap warna kulit makin rendah kena resiko kanker kulit, makin putih makin tinggi resiko terkena kanker kulit.

Tapi itu ada juga hubungannya dengan sinar ultra violet, sinar ultra violet dinegara 4 musim itu tidak terlalu keras, tapi sinar ultra violet dinegara tropis kuat, karena itu kanker kulit banyak diderita orang Autralia. Kenapa? Karena Australia itu penduduk aslinya adalah orang yang berkulit gelap, yang cocok dengan iklim tropis disana. Sedangkan sekarang Australia menjadi negara orang yang mempunyai kulit putih, yang tidak cocok dengan iklim tropis sehingga resiko penyakit kanker kulit sangat tinggi di Australia.

Riwayat keluar, kalau ada dikeluarga ibu, ayah, saudara yang menderita penyakit kanker kulit Anda mesti waspada untuk resiko kanker kulit.

Pencegahan Kanker Kulit

Pertama Cover Up, kita harus tutp badan kita yang langsung kena sinar matahari. Karena sinar ultra violet itu akan membuat mutasi gen-gen dikulit kita. NAmanya DNA Repair yaitu terjadi mutasi pertama-tama mungkin terjadi sun burn. Sun burn itu bukan mutasi, nanti bisa sembuh lagi, tapi kalau sering-sering seperti itu lama kelamaan keterusan menjadi mutasi.

Kedua Sun Protecion Filter, krim-krim yang ada SPF (SPF 15 itu cukup). Dari sumber yang dibaca, semua produk yang mengandung SPF sulit sekali dibuat untuk melindungi tubuh. Kenapa? Karena bentuknya partikel, harus ada teknik tertentu sehingga SPF 15 itu bisa dioleskan ditubuh. Karena itu kalau Anda mencari produk yang mengandung SPF 15 harus melihat pabriknya, pabrik yang terpercaya, jangan sembarang yang ada DPF kemudian dibeli, apalagi dicari yang murah aja. Kalau murah berarti bikin nya bisa asalan tidak dengan penelitian yang seksama dan tidak akan melindungi kulit kita.

Kalau kita menggunakan produk yang mengandung SPF 15, kita gunakan itu dulu, baru kita menggunakan make up, karena ia akan kena dikulit kemudian memberi reaksi kimia dengan kulit, itu yang akan memberikan perlindungan dari sinar ultra violet. Sinar ultra violet akan direfleksikan kalau kita terima dia akan direfleksikan lagi kearah lain atau dia akan diabsorsi, tergantung apa yang dikandung dalam sun creme agent itu. sun Cream Agent ada macam-macam, ada yang isinya Faba, Zinc, titanium. Yang isi nya Faba biasanya dia merefleksikan sinar ultra violet, yang zinc dan titanium dia meng absorsi, jadi sinarnya diterima tapi diadalm kulit diubah menjadi lemah energi nya, keduanya baik.

Jadi sekarang kalau Anda mencari produk yang ada SPF, lihat SPF nya harus mengandung SPF 15 keatas, dan terlindung terhadap sinar ultra violet B, juga terlindung dari sinar ultra violet A. Karena dahulu hanya sinar ultra violet B saja yang dikatakan menyebabkan kanker kulit. Ternyata penelitian terkini sinar ultra violet A juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Melindungi mata dengan kaca mata, kaca mata penting sekali, karena kalau Anda sering sekali menentang sinar matahari tanpa memakai pelindung mata, maka cepat sekali mata anda akan katarak. Perlu diingat, bukan berarti makin gelap kaca matanya makin bagus, tapi pilih kaca mata yang ada tertulis UVA / UVB protection. Kalau kaca matanya makin lebar atau besar, seperti yang lagi trend saat ini akan semakin baik karena memperkecil sinar masuk.

Topi, gunakan topi untuk melindungi mata dan wajah Anda supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Nutrilite dibutuhkan untuk mencegah timbulnya kanker, baik itu kanker payudara, maupun kanker serviks. Tetapi Nutrilite itu sebagai suplemen sangat dibutuhkan sebelum terjadinya kanker. Karena kalau sudah terjadi kanker, berarti sudah terjadi mutasi dan sulit sekali untuk dikembalikan keawal lagi.

Nutrilite sebagai suplemen yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit kanker, yang bisa kita cegah melalui makanan, yaitu kita bisa mengkonsumsi Nutrilite Double X, dan Daily.

Mengapa?

Karena Nutrilite tersebut mengandung multivitamin. Terutama multi vitamin, mikronutrient, yang mempertahankan daya tahan tubuh dan juga anti oksidan Natural Multi Carotene, Wheat Germ E, CH Balance, Bio C Plus dan Acerola C.

Untuk seorang yang normal maka dosisnya dipertahankan dosis yang biasa saja. Masalnya :

Lebih baik kita kelebihan daripada kekurangan, karena dengan kelebihan sel-sel kita itu terjaga dari proses mutasi. Jadi kita harus menjaga proses mutasi itu yang bisa terjadi kapan saja.

Khusus untuk kanker kulit, karena kanker kulit itu ada hubungannya dengan sinar matahari, jadi semua produk yang melindungi wajah dan tubuh kita terhadap sinar matahari sebaiknya kita menggunakan produk Artistry. Semua moisturiser yang mengandung SPF 15, termasuik foundation yang mengandung SPF 15 itu sebaiknya kita pakai. Karena itu dapat melindungi kulit kita terhadap sinar matahari, sinar ultra violet B nya dan juga sinar ultra violet A.

Kemudian semua produk anti aging, Time Defience, LX Creme, itu kita gunakan setiap hari, bukan kadang-kadang. Sehingga tubuh kita, terutama wajah terhindar dari paparan sinar matahari yang bisa membuat sel kulit kita mutasi.

Sekarang kenapa Nutrilite yang terbaik, kenapa tidak memakai suplemen yang lain. Karena Nutrilite adalah produk food suplemen yang pertama kali dibuat didunia. Pengalamanannya sudah lebih dari dari 80 tahun, dan Nutrilite sangat alami dan organik, semua proses pembuatannya dari awal, mulai dari penanaman bahan bakunya dikelola sendiri dengan cara alami, sehingga sangat terjaga kemurnian dan kwalitasnya. Semua produk Nutrilite mempunyai sertifikat organik dan HALAL. Kita tidak pernah tahu tentang food suplemen yang lain, yang juga mempunyai sertifikat organik.

Nutrilite mempunyai motto “Best of Nature Best of Science“, dan moto ini bukan hanya slogan, tetapi betul-betul dilaksanakan. Nutrilite sangat alami kemudian melalui suatu proses penelitian yang panjang dan dilakukan oleh para ahli. Darimana kita tahu, Anda bisa membuka websitenya www.nutrilite.com atau www.nutrilite.co.id dan Anda bisa melihat disitu bagaimana Nutrilite dibuat, bagaimana Nutrilite diteliti, dan bagaimana Nutrilite diproduksi. Jadi itu alasan kenapa harus produk Nutrilite sebagai pilihan food suplemen bagi Anda dan keluarga.

Artistry

Mengapa harus Artistry?

Artsitry juga dibuat oleh pabrik yang sama dengan Nutrilite yaitu Amway, dan Artistry juga melalui proses yang alami, tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh dan kulit kita. Sehingga Artistry patut untuk kita gunakan juga untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Kesimpulannya :

  • Untuk mencegah kanker payudara, kanker serviks dan kanker kulit, Anda harus mencegahnya dari sekarang, sebelum terkena. Ini akan lebih efektif dari pada kalau kita sudah positif terserang penyakit kanker tersebut diatas. Karena mencegah akan lebih baik daripada kita mengobati!
  • Dan harus diperhatikan untuk kanker kulit, Anda harus perhatikan produk perlindungan terhadap tubuh, terhadap sinar matahari, ultra violet B, ultra violet A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.